Jumat, 07 Maret 2008

SEJARAH SINGKAT SDK SANTA MARIA III

Salah satu misi karya dari para Suster SPM adalah mendirikan sekolah-sekolah, yang menjadi wadah bagi generasi-generasi muda mengasah talentanya, salah satu dari banyak sekolah yang didirikan para Suster SPM adalah SDK Santa Maria III. SDK Santa Maria III berdiri pada tanggal 17 Juni 1987 menempati areal di Jl. Raya Langsep 72 Malang.
Berdirinya Sekolah Dasar Santa Maria III bertujuan untuk memudahkan murid-murid TKK Santa Maria III dalam belajarnya ke jenjang SD serta memenuhi kebutuhan gereja untuk menghadirkan pendidikan di tengah-tengahnya.
Dalam melaksanakan tugas perutusannya sebagai lembaga pendidikan SDK Santa Maria III, menjadikan Bunda Maria sebagai nama dan pelindung sekolah, hal ini dimaksudkan SDK Santa Maria III sungguh-sungguh mau mengikuti jejak Bunda Maria, semangat dan kebajikan-kebajikannya.
Sr. Ancilla Asih SPM ditunjuk sebagai kepala sekolah SDK Santa Maria III yang pertama, tepatnya tahun 1987-1988. Kemudian pada tahun ajaran 1988-1989 ditunjuklah Sr. Alfonsine SPM menjadi kepala sekolah SDK Santa Maria III yang kedua.
Melihat perkembangan yang begitu pesat, maka diputuskan untuk mencari lokasi baru, lahan di Jl. Markisah no. 6 menjadi pilihan.
Tahun 1992 SDK Santa Maria III menempati gedung sekolah yang baru. Di tengah perjalanan tahun ajaran 1994-1995 Sr. Alfonsine SPM tidak dapat melanjutkan tugasnya, ditunjuklah Bapak F.X Suyanto untuk menggantikannya. Pada tahun ajaran 1995-1996 Yayasan mempercayakan Sekolah Santa Maria III ditangan Bapak Drs. Ign. Toyib, beliau bertugas selama 3 tahun. Pada tahun ajaran 1998-1999 diutuslah Sr. Angela SPM menjadi kepala sekolah SDK Santa Maria III yang kelima. Kembali terjadi, pada bulan April tahun 2000 Sr. Angela juga tidak bisa melanjutkan tugas, sebagai kepala sekolah antar waktu ditunjuklah Sr. M. Anita SPM sampai akhir tahun ajaran 1999-2000. Tahun ajaran 2000-2001 Yayasan Pendidikan Santa Perawan Maria menyerahkan SDK Santa Maria III ditangan nahkoda baru, Sr. Antonia SPM. Di bawah kepemimpinan Sr. Antonia SPM perlahan tapi pasti ”laju bahtera” mulai menemukan arah yang jelas. SDK Santa Maria III menyongsong fajar baru. Tempat baru, rupanya menanti sentuhan kasih Sr. Antonia SPM, tugas baru diemban. Maka pada tahun ajaran 2006-2007 Perkumpulan Dharmaputri (terjadi perubahan nama dari Yayasan Pendidikan Santa Maria) menunjuk Ibu A. T. Wahyu Setyowati, S.Pd. menggantikan Sr. Antonia SPM.Layar telah terkembang perjalanan panjang bukanlah suatu perjalanan pengabdian yang mulus tanpa hambatan, hambatan dan rintangan dalam aneka bentuknya semoga tak menyurutkan semangat SDK Santa Maria III untuk tetap memperjuangkan eksistensinya dalam ikut MERABUK TUNAS MUDA harapan bangsa, negara, dan gereja, tumbuh berseri menghias pertiwi.

3 komentar:

allumengentium mengatakan...

sdk santa maria iii, selamat ya.
kamu memang kecil, tapi harus tetap menunjukkan cahaya dan powermu lho... aku yang nggak ngerti, mengapa koq banyak banget ya pergantian kepala sekolahnya... baru satu dua tahun koq ganti... bukankah lebih baik 4 - 6 tahun sekali ganti, sehingga program dan pelaksanaannya itu lebih ok.
trims. salam, prio

Yang Kung mengatakan...

wah,selamat ya atas usahanya untuk mencerdaskan anak bangsa yg berkualitas.
sebagai sekolah yg sama dan serumpun tetapi tinggal dikota lain,ijinkan kami sering mampir dirumah anda untuk saling berbagi sharing demi kemajuan pendidikan.
trima kasih,frans.

WALIMURID mengatakan...

PAK BOOBY yang baik anda sebagai guru kesenian atau merangkap provider internet sehingga mengharus tugas yang anda berikan cari di internet jangan sombong anda dapat mampu berinternet dengan baik sehingga dapat membuat blog anda harus ingat tidak semua murid dapat mengakses internet.